Selasa, 22 Agustus 2017

Mengenal Jenis Susu Baru "A2" Lebih Lanjut

Susu dianggap sebagai minuman yang bisa menyehatkan tubuh. Kebiasaan konsumsi susu yang sudah diperkenalkan sejak seseorang masih kecil.

Meski semua susu sepertinya terlihat sama, namun ada banyak varian di dalamnya. Susu sapi tentu berbeda kandungan dengan susu kedelai, susu almond juga akan berbeda dengan susu fermentasi.

Kehadiran susu baru
Akhir-akhir ini dunia kesehatan sedang sibuk membicarakan kelahiran susu A2. Susu terakhir ini dianggap lebih baik daripada berbagai aspek gizi, sekaligus penerimaan sistem pencernaan manusia.

Sebagian besar susu yang dikonsumsi mengandung campuran dua jenis protein kasein beta A1 dan A2. Kedua jenis itu hanya dibedakan oleh asam amino.

Susu A2 diklasifikasikan sebagai protein asli yang ditemukan dalam susu sapi. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa susu A2 lebih mudah dicerna bagi mereka yang sulit mengkonsumsi susu tradisional.

Untuk mendapatkan susu A2 dihasilkan dari serangkaian sapi dengan tes DNA. Artinya, susu A2 dihasilkan dari sapi terpilih.

Perbedaan Susu A1 dan A2
Umumnya, seseorang mengkonsumsi susu dengan kandungan 40 persen A1 dan 60 persen A2. Tentu saja, dua bahan dalam susu bisa terjadi karena teknik genetik sapi yang bersilangan di kayu salib.

Perbedaan kedua isi itu dianggap sedikit. A1 memiliki asam amino histidin yang berada pada posisi n67 dalam rantai protein. Sementara itu A2 memiliki asam amino prolin.

Asam amino histidin dianggap penting dalam menjaga kesehatan fungsi seksual. Namun, tingkat histidin yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jiwa seperti skizofrenia.

Dalam prosesnya, agar makanan dan minuman diserap tubuh, mereka harus dipecah oleh protein pencernaan. Ketika sampai pada protein A1, enzim tubuh terurai menjadi histidin, yang kemudian menciptakan fragmen protein yang disebut beta-casomorphine-7 (BCM-7).

Fragmen itu dituduh membuat seseorang merasa tidak nyaman dengan susu A1. Sedangkan untuk susu A2 tidak ada BCM-7 karena tidak mengandung asam amino histidin dan hanya memiliki asam amino prolin.

Prolin amino dianggap bermanfaat untuk menjaga otot dan persendian. Selain itu, prolin berperan dalam produksi sel dengan pemecahan protein yang berguna untuk kulit, terutama bila ada lesi.

Lebih banyak penelitian
Untuk menguji kehebatan susu A2, beberapa peneliti dievaluasi harus lebih banyak penelitian. Ini untuk menguji apakah varian susu A2 mungkin berguna daripada susu biasa.

Selain itu, untuk menguji apakah susu A2 bisa menjadi jiwa bagi mereka yang alergi terhadap susu. Jumlah negara yang telah menyediakan susu A2 adalah Australia dan Selandia Baru, seperti dilansir www.artikelkesehatantubuh.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar